Rabu, 22 Juli 2009

Manfaat Jeruk Nipis ( Citrus Aurantium)



Secara umum buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100g jeruk nipis, terdapat:
  • Kalori 51 kal,
  • Protein 0,9g
  • Lemak 0,2g
  • Karbohidrat 11,4g
  • Mineral 0,5g
  • Kalsium 33mg
  • Fosfor 23mg
  • Besi 0,4mg
  • Asam askorbat 49mg
Selain memiliki kandungan vit.C, yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen,felandren, lemon kamfer,kadinen, geran- lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) dammar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang,vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah, dan bunganya mengandung minyak terbang. Rasa jeruk nipis yang masam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Berikut ini beberapa langkah untuk meraih manfaat kecantikan dari jeruk nipis:

Kecilkan Pori-pori
Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil serta merapatkannya. Juga mampu menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Cara penggunaannya dengan mengoleskan daging jeruk nipis pada kulit wajah. Terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.

Memutihkan dan Menghaluskan
Ada dua cara: pertama, dengan mengonsumsinya. Karena dengan mengonsumsinya, kandungan vitamin C yang diserap oleh tubuh akan lebih maksimal. Kedua, menggunakan jeruk nipis dari luar dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh secara rutin tiap hari.

Melangsingkan
Setiap pagi, siang, dan malam cobalah minum perasan air jeruk nipis dengan campuran air dan sedikit gula. Dengan cara ini, kerampingan anda akan terjaga.

Kuku Cemerlang
Untuk membuat kuku bersih dan cemerlang, peraslah dagingnya, lalu gunakan sedikit air jeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.

Rawat Rambut Berminyak
Cucilah rambut yang berminyak dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan berkilau.


Hilangkan Ketombe
Gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20-30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali.

Jerawat
Ambil jeruk nipis, ambil airnya sebanyak satu sendok teh. Campur dengan madu 1 sendok teh. Oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Bilas dengan air dingin.

Relaksasi
Selain untuk kecantikan, jeruk nipis juga berguna sebagai sarana relaksasi. Ketegangan pada otot tangan, kaki, atau pun bagian tubuh lainnya bisa dikurangi dengan menggosokkan bagian yang pegal dengan perasan jeruk nipis plus sedikit air. Atau juga bisa dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil.

Bau Badan
Dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, kemudian gosokkan ke sumber bau.
Selamat mencoba!

Sumber: Posmo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar